Pre Construction Meeting Gedung SGLC dan ERIC Fakultas Teknik UGM

Pre Construction Meeting (PCM) Paket 1 gedung SGLC dan ERIC Fakultas Teknik UGM dilaksanakan pada tanggal 27 November 2020 pukul 12.30-17.00 WIB di ruang Bulaksumur UC UGM. PCM wajib dilakukan diawal pembangunan Gedung sebelum pelaksanaan pekerjaan konstruksi dimulai. Dalam kesempatan tersebut dihadiri oleh Direktur PIU, Ir. Hotma Prawoto Sulistyadi, M.T., IP-MD, Dekan Fakultas Teknik Ir. Waziz Wildan, Ph.D, perwakilan kontraktor (PT. WIKA-WG (KSO)), konsultan pengawas (CS), PPK, TPAK dan TPTK (PIU UGM) serta Direktorat Aset UGM.

Tujuan dilakukan PCM adalah memberikan kesempatan kontraktor untuk menyampaikan terkait metode, skedul kerja, skedul material serta menyamakan persepsi terkait gambar perencanaan, rencana kerja dan syarat-syarat (RKS), RAB dan Build of Quantity (BOQ). Selain itu, PCM wajib dilakukan sebelum diterbitkan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

Acara diawali paparan dari Listiyanto Kadarono (Co-Team Leader Consultant Services) yang menjelaskan tentang struktur organisasi konsultan pengawas pada Paket 1, dilanjutkan paparan Matsuoka (Professional Consultant Services) yang membahas tentang basic design gedung SGLC dan ERIC.

Paparan tentang gambaran umum paket 1, site management proyek dan jadwal pelaksanaan pekerjaan Gedung SGLC dan ERIC disampaikan oleh M. Ardiyansyah Latief (Project Manager WIKA-WG KSO) dan Makarius Joko (Tim WIKA-WG KSO), sedangkan terkait rencana pengendalian sistem manajemen keselamatan dan Kesehatan kerja (SMK3) proyek dijelaskan oleh Abdul (Tim WIKA-WG (KSO)

Acara ditutup dengan diskusi yang dipimpin oleh Roby Wijanarko, SE (PPK Kemendikbud). Dalam diskusi tersebut disampaikan terkait inovasi alat dari kontraktor untuk mempercepat pekerjaan pelaksanaan paket 1 yang tidak ada di paket sebelumnya seperti frame plaster dinding dan steger adjustment, rambu vertical pasangan dinding, alat bantu pembuatan tali air dan sudutan dinding, alat bantu pengukuran lebar opening, alat bantu pengukuran balok, alat bantu coring dinding bata dan alat bekisting gutter. Tidak ketinggalan perwakilan Direktorat Aset UGM, Walyono menambahkan penjelasan tentang penyambungan listrik dan air kerja serta Protokol Covid yang harus dipatuhi semua pihak.

Penulis : Hadiq Miftahussurur & Intan N. Setyawati                                                                                                            Editor : Erma Wheny

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*