Pelatihan Penggunaan Sistem Analisis Evaluasi Ekonomi untuk Fakultas/Sekolah penerima Loan JICA IP-576

  

Project Implementation Unit menyelenggarakan Pelatihan Penggunaan Sistem Analisis Evaluasi Ekonomi untuk Fakultas/Sekolah penerima Loan JICA IP-576. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 12-13 Oktober 2022 pukul 09.00-16.00 WIB di Hotel Royal Ambarukmo. Pelatihan dibagi menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama membahas mengenai “Konsep Social Cost Benefit Analysis bagi Penyelenggara Pendidikan Tinggi”. Pada sesi kedua membahas mengenai “Perhitungan Social Cost Benefit Analysis pada Learning Center Project JICA IP-576”. Sedangkan pada sesi ketiga dilaksanakan bimbingan teknis penggunaan sistem analisis evaluasi ekonomi. Peserta diberikan case study untuk menganalisis evaluasi ekomoni setiap fakultas masing-masing. Kemudian hasil dari case study tersebut dipresentasikan diakhir sesi.

Hari pertama, 12 Oktober 2022, materi pelatihan disampaikan oleh tiga narasumber yaitu Yudistira Hendra Permana, SE, M.Sc., Ph.D (Sekolah Vokasi), Muhammad Ryan Sanjaya, S.E., M.Int.Dev.Ec., Ph.D. (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), dan Saiqa Ilham Akbar BS, SE, M.Sc. (Sekolah Vokasi) dengan moderator Dr.nat.techn. Francis M Constance Sigit Setyabudi, STP. MP. Sekitar 30 peserta yang terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Teknik turut berpartisipasi dalam pelatihan tersebut. Pelatihan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Gadjah Mada serta dibuka secara langsung oleh Ir. Hotma Prawoto Sulistyadi, M.T., IP-Md., Direktur Project Implementation Unit. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa enumerator adalah ujung tombak dari pemotretan kinerja akademik dan analisis evaluasi ekonomi ini.

Hari kedua, 13 Oktober 2022, materi pelatihan disampaikan oleh Yudistira Hendra Permana, SE, M.Sc., Ph.D. dan Satriyo Dwicahyo, S.E., M.Sc. yang merupakan dosen dari Sekolah Vokasi UGM dengan moderator Rumiyati, S.E., M.Sc. CMA., CAPM, CAPF. Pada pelatihan hari kedua yang juga dihadiri oleh sekitar 30 peserta yang terdiri dari Fakultas Kehutanan, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, dan Sekolah Vokasi. Pelatihan hari kedua juga dibuka secara langsung oleh Direktur Project Implementation Unit. Ir. Hotma Prawoto Sulistyadi, M.T., IP-Md. menyampaikan bahwa proyek dari pendanaan JICA Loan IP-576 memerlukan evaluasi untuk melihat tingkat benefit yang dicapai melalui analisis ekonomi. Harapan dari dilaksanakannya pelatihan ini, Wakil Dekan, dosen selaku Person In Charge (PIC) beserta enumerator dari Fakultas/Sekolah penerima JICA Loan IP-576 memiliki persepsi yang sama sehingga dapat menjadi bahan evaluasi untuk pengembangan unit masing-masing.

VN

 

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*