Kunjungan Studi Banding IPB Bogor dan KOICA Korea ke PIU-UGM

Selasa, 29 November 2022 pukul 09.00, PIU-UGM menerima kunjungan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama Korea International Cooperation Agency (KOICA). Kunjungan dari 2 institusi tersebut berkaitan dengan studi banding atas proyek Loan Agreement JICA No. IP-576 “Development of World Class University with Socio-Entrepreneurial Spirit at Universitas Gadjah Mada” yang diimplementasikan oleh Tim Project Implementation Unit (PIU), Universitas Gadjah Mada. Acara yang berlangsung di Ruang Humaniora, University Club Hotel UGM tersebut disambut oleh Ashar Saputra, Ph.D selaku Asisten Direktur Bidang Pelaksanaan Konstruksi bersama Dr. Arief Nurrochmad, M.Si., M.Sc., Apt. selaku Asisten Direktur Bidang Peralatan Laboratorium PIU-UGM.

Sedangkan tamu yang hadir dalam acara tersebut adalah Dr. Ing. Dase Hunaefi sebagai Asisten Direktur Kerjasama dan Jejaring Internasional IPB dan Tim dari KOICA salah satunya, Prof. Dr. Dr. Byungchul Park selaku Project Leader bagian dari Seoul National University. Dalam pertemuan studi banding tersebut, Mr. Namyong Kim dari Industry Academia Cooperation Asia Forest Institute menjelaskan dasar kunjungan ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi tim untuk belajar langsung oleh pelaksananya dikarenakan proyek JICA IP-576 yang diemban oleh PIU-UGM merupakan proyek dibawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang memiliki progress pekerjaan yang konsisten dan tidak terlambat terutama berkaitan dengan komitmen 100% pencapaian dalam kurun waktu 5 tahun.

         

Program kerja sama IPB dan KOICA dengan topik “Capacity Building for Agriculture and Biosciences of IPB University in Indonesia” menjadikan peran serta PIU-UGM dalam memberikan peluang transfer knowledge yang memiliki keterkaitan yang dekat yaitu dengan site visit ke lokasi Gedung Learning Center JICA IP-576, antara lain ke Animal Science Learning Center (ASLC) Fakultas Peternakan, dan Dental Learning Center (DLC), Fakultas Kedokteran Gigi guna pembelajaran mengenai peralatan dan juga laboratorium dari 2 gedung tersebut. Kunjungan berlangsung hangat dan juga saling menambah informasi mengenai 3 institusi baik dari UGM, IPB dan KOICA yang sama-sama bertujuan dalam meningkatkan kualitas pendidikan ke kancah internasional serta kerja sama bilateral yang baik antar negara.

D.V|E.W

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*