Workshop Checklist Petunjuk Teknis Green Building Gedung JICA Loan IP-576

Workshop Checklist Petunjuk Teknis Green Building Gedung JICA Loan IP-576 telah dilaksanakan pada 1 Desember 2022 di Auditorium TILC, Sekolah Vokasi UGM. Workshop ini merupakan rangkaian sosisalisasi kepada masing-masing fakultas penerima hibah gedung JICA Loan IP-576 dengan konsep Green Building. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah transfer teknologi kepada user untuk meningkatkan sinergitas dan atmosfer akademik pada masing-masing learning center agar tetap menjaga kaidah bangunan hijau yang telah dirancang untuk diterapkan. Hal ini merupakan hal baru sehingga perlu dilakukan penyusunan manual book dan petunjuk teknis dengan harapan mampu menjadi petunjuk bagi pengelola dan pengguna bangunan yang bersifat hemat energi tetapi tetap aman dan nyaman bagi lingkungan.

Kegiatan ini dihadiri oleh tim pengelola bangunan dari Fakultas Hukum, Fakultas Kehutanan, Fakultas Peternakan, Fakultas Pertanian, Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Teknik dan Sekolah Vokasi UGM. Acara dibuka oleh Direktur PIU UGM, Ir. Hotma Prawoto Sulistyadi, MT., IP-Md dengan menekankan pentingnya keterlibatan pihak Universitas dan Fakultas/Sekolah untuk memahami konsep dari bangunan hijau serta bagaimana me-maintenance agar tidak menjadi gedung yang biasa. Turut hadir dan memberi sambutan adalah Direktur Aset UGM, Dr. Eng. Ir. Ahmad Sarwadi, M.Eng., IPM. Dalam sambutannya beliau berjanji menyampaikan kepada Universitas agar secara berkala melaksanakan transfer of knowledge sesegera mungkin bagi pimpinan dari 7 fakultas dan 1 sekolah beserta pelaksana di lapangan yang mendapat bantuan grand proyek gedung JICA dengan konsep hijau.

 

   

 

Workshop dimulai pukul 09.30 dengan menghadirkan narasumber ahli yaitu Ashar Saputra, Ph.D, terkait materi Intangible Value of Green Building dan Konservasi air, Dr. Ir. Arif Kusumawanto, MT., IAI., IPU terkait Juknis Tepat Guna Lahan, Sentagi Sesotya Utami, Ph.D terkait Juknis Kesehatan dan Kenyamanan Ruang, Avrin Nur Widiastuti, ST., M.Eng terkait Efisiensi dan Konservasi Energi, Amalia Ula Hazhiyah, ST., M.Sc. terkait Sumber dan Siklus Material, dan Indro Pranoto, Ph.D terkait Manajemen Lingkungan Bangunan. Kegiatan berlangsung lancar dan ditutup dengan diskusi antara peserta workshop dengan narasumber.

 

E.W.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*