Workshop Monitoring Pemanfaatan Gedung Green Building

 

   

Sebagai upaya penerapan Green Building untuk Gedung-Gedung yang dibangun dengan Loan JICA IP-576 oleh pengguna gedung, PIU UGM mengadakan Workshop Monitoring Pemanfaatan Gedung Green Building. Dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 08-09 Februari 2023 di Eastparc Hotel Yogyakarta, workshop ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman pengguna gedung learning center dan pemanfaatan buku manual operating mengenai green building. Pemahaman dan pemanfaatan akan menjadi dasar untuk pengoperasian gedung yang bersertifikat green building.

Acara dihadiri oleh perwakilan dari 8 Fakultas/Sekolah penerima Loan JICA IP-576, yaitu Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Hukum, Fakultas Kehutanan, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknik, dan Sekolah Vokasi yang terdiri dari Wakil Dekan Bidang SDM, Keuangan dan Aset serta PIC green building dari setiap Fakultas. Selain perwakilan dari Direktorat Aset dan PK4L UGM turut hadir dalam workshop yang dirancang sebagai persiapan pelaksanaan green building pada tingkat universitas.

Masing perwakilan dari Fakulas melakukan paparan yang berkaitan dengan praktek penggunaan manual operating book tentang green building yang telah disusun oleh Tim Bangunan Hijau PIU UGM. Berdasarkan paparan tersebut, dilanjutkan dengan diskusi manfaat dan kendala yang dialami.

Ir.Hotma Prawoto Sulistiyadi, M.T., IP-Md selaku Direktur PIU UGM dalam membuka acara memberikan pandangannya betapa pentingnya pemanfaatan green building pada gedung learning center yang mungkin belum terasa sekarang namun kebermanfaatannya akan berperan besar dalam membangun kesinambungan kualitas lingkungan di masa mendatang. Green behavior menjadi perilaku yang perlu dibangun di seluruh pengguna gedung, sehingga sejalan dengan berjalannya waktu diharapkan akan terbangun “budaya hijau” (green culture).

 

DV

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*